0

"Masya Allah,..Masya Allah .," Jelas terdengar di salah satu kanal video Youtube entah orang arab atau Mesir bunyi bunyi keagungan itu terdengar lantang , Apa ini pikirku di video yang berdurasi  tidak lama itu sungguh menarik dan suaranya lantang keras dan menggebu sungguh untuk spechleess saja aku pun tak sempat.He he. Tapi taukah sodara apa sebenarnya isi video itu??

Yang jelas bukan perang Salib jilid 2  Cuma video cuplikan pertandingan liga Champions Sodara, iya Pertandingan Bolaaa,Sepak Bola, Foot Ball atau Soccer lebih jelasnya antara kesebelasan A dan Kesebelasan B, disitu ada momen momen saat dimana sang komentator merasa takjub karena kelihaian dari salah seorang Gelandang Bertahan dari kesebelasan B melakukan tendangan dari sudut dan jarak yang hampir tidak mungkin atau mustahil untuk melakukan taapi bisa terjadi Goal!! dengan nada cepat kira kira bunyinya seprti ini  Masya Allah Masya Allah ...dst..dst ..dst.. (wes mbuh ndak faham) :D

Mengkin Perlu kita resapi kembali kenapa ada "Masya Allah" di situ ? kok tidak Subhanallah ? Sementara di suatu siang di acara televisi infotainment saya menjumpai aktifitas para selbriti yang sehabis pulang Umroh sedikit sedikit mengucapkan Subhanallah. tanda tanya lagi.

Jika di terjemahkan Masya Allah Artinya 'Allah Maha Berkehendak' dan Subhanallah Artinya 'Maha Suci Allah' 
Subhanallah itu mengingatkan bahawa Allah itu maha Suci dan  merupakan satu satunya dzat yang terbebas dari segala macam bentuk khilaf dan keburukan,Ketika manusia mengatakan sesuatu melakukan sesuatu atau berfikir sesuatu yang tidak benar mengenai Allah melakukan kegiatan yang rendah , kejam menjengkelkan , Korupsi,Ada perampokan Pembunuhan dan lain sebagainya baiknya mengucapkan Subhanallah.

Sementara kalau melihat sesuatu yang baik,indah mengagumkan atau  perbuatan manusia mengagumkan membuat kita harus memberikan kepada pengharagaan maka yang tepat adalah kita ucapkan "Masya Allah" 

Cak Fuad (padangMbulan) pernah sedikit menyinggung kalimat thayyibah dalam sebuah sesi di urai jika Subhanallah dikatakan ketika ada manusia yang berpikir tidak benar mengenai Allah, Maha Suci Allah dari segala yang ada di pikiran kita. Sementara itu MasyaAllah justru semestinya digunakan ketika kita melihat perilaku manusia yang baik.


Dan orang orang indonesia sendiri pengucapakan kedua frasa ini sering terbalik tidak Match kurang Klik atau bahasa Arabnya "Ora cocok" dan itu dilakuakan berjamaah he he.

Subhanallah sering diucapkan utuk mengekspresikan kekaguman kita terhadap kebesaran Allah dan hal menakjubkan lainya dan saat kita melihat sesuatu yang buruk kita malah mengucapkn “Masya Allah"
Ekspresi Kurang Tepat yang saya temukan


Ini juga  kurang match di sebuah surat kabar

Bisa jadi ini yang membikin tembok penghalang orang orang indonesia untuk makmur dan sejahtera wkwkw lebih cenderung tidak mengerti daripada mengerti ,ha ha kan bisa jadi.,Tapi sudah tenang saja bangsa ini nggak ada maslah kok, kita ini mendapat keistimewaan  tersendiri dari Tuhan :D :D dan saat melakukan Verifikasi kata  Malaikat juga tidak akan salah, wajar wong orang indonesia, untuk Ingat dan menyebut kalimat kalimat demikian saja sudah lumayan. 

Tidak lama setelah tulisan ini hampir selsai teman halus penunggu kamar saya tiba tiba nyeletuk, kata "Insya Allah" juga lo.. hiiiii hi,, 

Kalau itu udah umum mas bero !!sama tau lah kebanyakan masyarakat indonesia lebih sering menggunakan Insya Allah untuk meragukan janji  atau untuk menutupi niat yang tidak baik ragu atau berniat untuk tidak melakukan he he,. Now Think About It.! by.badriddujaa


 ada pembahasan yg lebih menilik pada Alquran dalam menggunakan kalimat thayyibah bisa maen2 ke sini



Post a Comment

 
Top